Persiapan Pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) Kota Tarakan

Dinas Kesehatan Tarakan, dalam rangka Bulan Imunisaasi Anak Nasional mengadakan Pertemuan Koordinasi Persiapan BIAN (Bulan Imunisasi Anak Nasional) dan monitoring evaluasi pencapaian imunisasi rutin dengan melakukan penggalangan komitmen lintas sector untuk mendukung kegiatan tersebut (12/04). Dilaksanakan di Dinas Kesehatan Tarakan Lt.3, melibatkan berbagai lintas sector diantaranya Dinas Pendidikan, Kementrian Agama, Kelurahan Se-Kota Tarakan, Sub Koordinator Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, dan Sub Koordinator Kesehatan Keluarga dan Gizi

          Diketahui pada masa pandemi COVID-19 pelaksanaan imunisasi rutin pada anak menjadi tantangan tersendiri, dimana posyandu dan sekolah belum berjalan dengan optimal serta minimnya minat masyarakat yang datang ke layanan Puskesmas untuk memberikan imunisasi pada anaknya. Hal ini menyebabkan capaian imunisasi rutin mengalami penurununan signifikan selama masa pandemi COVID-19 yang mana akan menjadi ancaman tersendiri, kekebalan komunitas pada anak menurun dan rentan munculnya KLB Wabah akibat capaian imunisasi yang tidak maksimal. Strategi dan komitmen bersama sangat dibutuhkan untuk meningkatkan cakupan imunisasi rutin pada anak baik dari tim kesehatan dan lintas sector terkait untuk bersama-sama dalam upaya pelaksanaan imunisasi pada anak.

          Selain dilakukan monitoring, evaluasi, dan penggalangan komitmen dalam mendukung pelaksanaan BIAN guna meningkatkan cakupan imunisasi rutin dan lanjutan, pada kegiatan ini juga memberikan penghargaan kepada 5 Kelurahan UCI (Universal Child Imunization) dan Puskesmas terbaik dalam pencapaian imunisasi di masa pandemi.

          Kelurahan UCI (Universal Child Imunization) adalah Kelurahan dengan cakupan imunisasi rutin pada anak di atas 80% diantaranya Kel. Kampung Enam, Kel. Kampung Empat, Kel. Karang Harapan, Kel. Mamburungan, dan Kel. Juata. Sedangkan Puskesmas terbaik dalam pelaksanaan imunisasi rutin di masa pandemi COVID-19 yaitu Puskesmas Mamburungan dan Puskesmas Juata.

          Harapannya kepada seluruh masyarakat juga dapat mendukung meningkatkan capaian imunisasi  pada anak, dengan cara membawa anak kita ke posyandu atau fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan imunisasi serta memberikan perlindungan terhadap anak-anak dari penyakit PD3I. Anak Sehat, Anak Kuat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.