Peresmian “Permata” Puskesmas Karang Rejo

Peresmian “Permata” Layanan Perawatan, Dukungan, dan Pengobatan (PDP) dalam program pencegahan dan pengendalian HIV/AIDS oleh Wali Kota Tarakan (25/08) di Puskesmas Karang Rejo

Melihat tren kasus HIV/AIDS reaktif dari tahun 2015-2020 semakin naik, dan hanya 58% yang mendapatkan terapi ARV serta adanya peraturan Kemenkes bahwa FKTP dapat melakukan pengobatan ARV maka terbentuklah “Permata” Layanan Perawatan, Dukungan, dan Pengobatan (PDP) HIV/AIDS Puskesmas Karang Rejo. Ini merupakan program yang terbentuk dengan melihat bahwa masih ada 42% masyarakat yang belum mendapatkan terapi ARV yang kedepannya dapat menjadi permasalahan kesehatan.

Pelayanan “Permata” telah dilaksankan pada tanggal 1 April 2020. Terdapat 5 petugas kesehatan yang siap melayani Anda diantaranya dokter, perawat, laboraturium, apoteker, dan pencatatan. Pelayanan Permata bekerjasama dengan PKBI dan KDS Spirit Borneo (Kelompok Dukungan Sebaya) dalam membantu untuk memberikan dukungan konseling. Ini merupakan pelayanan pertama yang ada di Puskesmas Kota Tarakan.

Seluruh masyarakat Kota Tarakan bisa memanfaatkan pelayanan ini tanpa terkecuali dengan biaya pelayanan, konsultasi, dan pengobatan gratis hanya pemeriksaan laboraturium yang harus dilakukan di Labkesda dan berbayar karena keterbatasan fasilitas.

Ayo Deteksi Dini Status HIV/AIDS Anda, jangan takut dan khawatir untuk mengetahui status HIV/AIDS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.