Belajar Penatausahaan Keuangan BLUD di Puskesmas Sebengkok

Untuk kedua kalinya, rombongan Dinas Kesehatan Kabupaten Bulungan dan Puskesmas melakukan kaji tiru implementasi BLUD di Puskesmas Kota Tarakan, setelah pada tahun 2021 melakukan kaji tiru di Puskesmas Karang Rejo dan mengikuti workshop penyusunan dokumen persyaratan administratif dalam rangka penerapan BLUD Puskesmas. Pada Selasa 19 Juli 2022 sejak pagi hingga siang, sebanyak 20 orang rombongan dari Dinkes Bulungan dan perwakilan Puskesmas yang telah menerapkan BLUD, melakukan kaji tiru penerapan BLUD secara spesifik pada area penatausahaan keuangan. Setelah ditetapkan sebagai BLUD, sebanyak 5 Puskesmas Bulungan sudah diwajibkan menggunakan penatausahaan keuangan yang berbeda dengan penatausahaan keuangan pada umumnya, yang lebih fleksibel dan memanfaatkan teknologi informasi. Sesi awal kegiatan ini diisi dengan pemaparan dan diskusi seputar pengalaman penerapa BLUD dan teknis penatausahaan keuangan yang dimulai dari penyusunan peraturan kepala daerah, dalam hal ini, Dinkes telah menyusun dan menerapkan Perwali Kota Tarakan tentang Penatausahaan Keuangan Pada BLUD Puskesmas yang berlaku sejak tahun 2020. Sesi ini dipimpin langsung oleh Plt. Kepala Dinas dan secara bergantian pemaparan disampaikan oleh Kasubbag Perencanaan dan Keuangan beserta staf dan ditutup dengan materi implementasi penatausahaan keuangan, remunerasi, penyusunan Rencana Bisnis Anggaran yang telah dilakukan oleh Puskesmas Sebengkok. Materi ini dibawakan oleh dr. Putri Dian Vitasari selaku Kepala Puskesmas/Pemimpin BLUD.

Sesi selanjutnya diisi dengan peninjauan dokumen penatausahaan keuangan secara langsung di Puskesmas Sebengkok yang didampingi oleh Pemimpin BLUD, Pejabat Keuangan, Pejabat Teknis dan Staf Puskesmas Sebengkok. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, penyusunan peraturan kepala daerah tentang penatausahaan keuangan di Kabupaten Bulungan bisa dipercepat sehingga Puskesmas yang telah ditetapkan sebagai BLUD Puskesmas dapat menerapkan penatausahaan keuangan yang diatur oleh ketentuan pada sebuah BLUD.

Dinas Kesehatan Kota Tarakan dengan tangan terbuka akan menyambut setiap Puskesmas di wilayah Kalimantan Utara yang akan melakukan kaji tiru atau pembelajaran dalam persiapan penyusunan dokumen administratif hingga penerapan penatausahaan keuangan BLUD.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.